Sejarah

Sekolah menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Thariq Bin Ziyad, selanjutnya disebut “sekolah” berdiri pada tahun 2001. Sejak tahun tersebut sekoah mengalami beberapa kali perpindahan. Namun sejak tahun 2008 sekolah telah menempati gedung permanen hingga sekarang yang beralamat di Jalan Toyogiri Selatan, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sekolah tergabung ke dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu/JSIT Indonesia dengan nomor keanggotaan 3.03.18.03.001. Istilah “TERPADU” dimaksudkan sebagai penguat, yaitu sekolah Islam yang memiliki pemahaman yang utuh terhadap Islam, yaitu sebagai agama yang memiliki sifat syumuliyah bukan juz’iyah, yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia.

Dalam aplikasinya sekolah menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran Islam, tidak ada dikotomi, tidak ada pemisahan.