Sunday, 02 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

PRINT ’11 & Wisata IPTEK

GLADIAN NASIONAL PRAMUKA SIT

Pramuka S.I.T
prok prok prok INDONESIA
prok prok prok BERSIAP
prok prok prok SIAGALAH
prok prok prok JAYALAH

Demikian gemuruh tepuk Pramuka SIT yang dikomando langsung oleh Kak Fikri selaku Pimpinan Satuan Komunitas (PINSAKO) Pramuka SIT Nasional mensemangati peserta Gladian Nasional ke-2 Pramuka SIT di Pusdiklatnas Cibubur. Gladian kali ini diselenggarakan dalam rangka persiapan Perkemahan International 2011 (PRINT’11) yang digelar di Hutan Lipur Ulu Bendul Kuala Pilah, Negeri Sembilan, Malaysia. Pramuka SIT dari seluruh Indonesia berkumpul merekatkan ukhuwah dengan mengusung tema “Tingkatkan Wawasan Bentuk Kepribadian” menerima berbagai macam materi kePramukaan, antara lain : Wawasan Pramuka SIT, PBB, Beladiri Pramuka SIT, materi Leadership, Seni dan Aksi KePramukaan dan kegiatan menarik lainnya. Salah satu kegiatan yang menarik adalah belajar nasyid Mars Pramuka SIT yang dilatih langsung oleh Kak Faris sebagai vokalis pelantun Mars Pramuka SIT bersama tim nasyidnya Justice Voice yang baru akan di launching pada saat Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) ke-2 Januari 2012. Kekompakan dan kebersamaan demikian terasa ketika bersama-sama mengumandangkan Mars Pramuka SIT dengan teman-teman seluruh Indonesia.

PEMBERANGKATAN KE MALAYSIA

Pukul 05.10 WIB mobil Isuzu Elf yang berisi 8 orang peserta putra (Riva, Reza, Ezza, Kiki, Ulhaq, Ozan, Galang, Alil) dan 4 orang peserta putri (Mentari, Muthia, Aul, Hani) didampingi 1 orang Pembina (Kak Adi) meluncur menuju Bandara Soekarno Hatta diiringi gerimis pagi yang sejuk. Tidak lebih dari satu jam kami sampai di Soeta mengawali perjalanan menggali pengalaman di negeri jiran Malaysia. Pukul 14.40 (waktu Malaysia) kami tiba di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan langsung diantar Bas Persiaran ke Sekolah Menengah Teknik Tuanku Ja’afar untuk beristirahat di asramanya.

SHOLAT SHUBUH PERTAMA YANG LUCU

Pukul 04.30 kami sudah dibangunkan untuk persiapan Sholat Shubuh. Jam menunjukan pukul 05.15 ketika iqamat dikumandangkan disambut takbir sang imam. Tak ada yang aneh dan dan janggal dalam Shubuh kala itu. Selesai sholat dan berdzikir kami kembali ke asrama untuk persiapan pemberangkatan ke tempat perkemahan. Baru saja tiba duduk dan berbincang ringan dengan teman-teman di dalam asrama tiba-tiba berkumandang suara adzan lengkap dengan kalimat “Asholatu khairumminannaum…”, sementara jam menunjukan pukul 06.00 (kurang sedikit). Spontan kami kembali bangkit memotong perbincangan sambil saling memandang dengan raut wajah yang hampir sama heran dan bergegas kembali ke Surau menyadari kalau sholat Shubuh yang barusan dilakukan ternyata belum masuk waktunya. Perbedaan waktu Indonesia Malaysia terpaut 1 jam sehingga matahari baru mulai bertugas bersinar di Malaysia sekitar pukul 07.00. Jadilah sholat Shubuh pertama di Malaysia menjadi cerita lucu, unik dan jadi trending topic kami pagi itu.

LUK SUA THAILAND MENYAMBUT PRAMUKA SIT

Kumandang Mars Pramuka SIT menyambut kedatangan kami di Hutan Lipur Ulu Bendul disertai ucapan selamat datang melalui pengeras suara oleh urusetia. Sejenak kami tiba dan menghela nafas sesaat munculah pemuda-pemuda berseragam crem yang sebagian besarnya berbaret ungu sebagiannya lagi menggunakan tutup kepala layaknya veteran RI. Mereka adalah Luk Sua Thailand yang dengan hangatnya menyambut kehadiran kami. Walau masih canggung berkomunikasi dengan berbagai macam bahasa (Indonesia, Melayu, Thailand/Siam, Inggris termasuk bahasa isyarat) tapi pancaran ikatan persaudaraan Islam yang telah kami rasakan mengotomatisasi jiwa dan raga ini untuk berjabat erat. Bersalaman dan berfoto bersama menjadi momen pertama yang kami lakukan antara Pramuka SIT Indonesia dengan Luk Sua Thailand.

SUASANA PERKEMAHAN

Hutan Lipur Ulu Bendul adalah salah satu dari sekian banyak hutan wisata yang terdapat di Malaysia. Terletak ±60 Km dari Kuala Lumpur, Hutan Lipur Ulu Bendul memiliki berbagai fasilitas menarik diantaranya adalah Taman Ular Sawa, Taman Herba, Kolam Renang, Tapak Perkemahan, Arena Outbound, Wisata belanja dan kuliner, Hutan Lindung Angsi dan Gunung Angsi setinggi 825 mdpl. Lokasi tapak kemah kami terletak ditengah-tengah kawasan Hutan Lipur Ulu Bendul dengan tanah bercampur pasir putih yang jika hujan air segera meresap kedalam tanah dan tidak terlalu becek. Tujuh regu putra dan enam regu putri bergegas mendirikan tenda sesaat setelah urusetia memberikan sekitar 15 buah tenda untuk kemah kami selama 4 hari disana. Yang jadi tantangan saat berkemah adalah hujan yang menerpa kemah dan kegiatan kami setiap hari siang dan malam. Matahari tak kuasa menembus nakalnya awan dan tetesan air hujan yang sepanjang hari menghalangi, sehingga basah dan angin sejuk merupakan teman kami sehari-hari. Namun berbagai jenis kegiatan yang digelar oleh urusetia tetap kami ikuti. Mulai dari Senam Nusantara yang dengan luar biasa dipandu oleh kontingen dari Indonesia, pendakian gunung Angsi, menyaksikan Basic Self Defence (BaSeD) dan memperagakan bela diri dasar Pramuka SIT, menyaksikan Succes Story KRS Musleh dan mengenalkan Pramuka SIT, agenda internal (hiking, outbound, mengunjungi taman ular), menjadi pengisi kultum maghrib dan kuliah shubuh, serta menampilkan nasyid dalam malam pentas seni budaya. Bahkan tim nasyid Print Voice (kontingen Pramuka SIT Indonesia) yang tidak lebih dari sepekan dibentuk dan dilatih mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai penghibur terbaik dalam kegiatan perkemahan kali ini.

BERTUKAR ATRIBUT, KIASAN SEBUAH PERSAUDARAAN

Upacara penutupan baru saja usai. Kak Sukro selaku Mabinas SAKO Pramuka SIT memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan, memberikan semangat kepada seluruh peserta sekaligus mengundang KRS Malaysia dan Luk Sua Thailand untuk hadir dalam Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) ke-2 yang akan digelar Januari 2012 di Cibubur.
Sebuah pemandangan unik usai acara penutupan dan bersalam-salaman berlangsung adalah cengkrama peserta dari tiga negara (Indonesia, Malaysia dan Thailand) saling bertukar atribut masing-masing. Baret, topi, pin, kacu, ring kacu, epaulette, bahkan ikat pinggang dan atribut lain kini sudah berpindah tempat dan pemilik. Keikhlasan mereka memberi apa yang saudaranya minta menjadi kiasan persaudaraan diantara mereka. Subhanallah…

ANTARA PRAMUKA SIT INDONESIA, KRS MUSLEH MALAYSIA DAN LUK SUA THAILAND

Pramuka SIT Indonesia merupakan Satuan Komunitas pertama di Indonesia yang meleburkan diri ke dalam wadah besar Gerakan Pramuka sebagai organisasi resmi kepanduan di Indonesia dan mengikuti seluruh aturan yang ada dalam Gerakan Pramuka. KRS (Kadet Remaja Sekolah) Musleh adalah bagian dari wadah besar KRS (Kadet Remaja Sekolah) Malaysia sebagai organisasi pemuda sejenis scout/pandu dibawah naungan pemerintah Malaysia. Luk Sua Thailand adalah organisasi resmi kepanduan Thailand yang juga merupakan anggota WOSM (World Organizatioan of the Scout Movement) seperti Gerakan Pramuka. Ketiga elemen ini bergabung dalam sebuah perkemahan diantaranya adalah atas dasar kesamaan fikroh keIslaman.
Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Pertubuhan IKRAM-MUSLEH Malaysia dan Jaringan Sekolah Bestari Thailand merupakan lembaga ber-genre sejenis yang seiring sejalan menanamkan dan menumbuhkan Syakhsiyah Islamiyah kepada pemuda-pemuda Islam. Ketiganya memiliki pemuda-pemuda tangguh dalam scout-nya masing-masing. Dan itu sudah dibuktikan dalam PRINT ’11. Kegiatan serupa akan terus berlanjut baik di Indonesia, Malaysia maupun Thailand.

WISATA IPTEK YANG MENYENANGKAN

Hari-hari terakhir kami di Malaysia adalah berwisata. Pengalaman yang sungguh luar biasa dan menyenangkan. Bas Persiaran yang nyaman, bilik hotel yang comfort, makanan yang enak dan pemandangan yang indah menjadi pelengkap pengembaraan kami di negeri jiran. Ilmu pengetahuan juga menjadi lebih mendalam dengan kunjungan kami ke Petrosains yang berada didalam menara kembar Petronas, pusat pemerintahan Malaysia di Putrajaya, Pusat Sains Negara dan diakhiri dengan naik SkyWay (kereta gantung) di Genting Highlands yang merupakan SkyWay terpanjang di asia tenggara, walaupun antrinya juga panjaaaang.

BERPISAH UNTUK BERTEMU KEMBALI

Rangkaian PRINT ’11 dan Wisata Iptek telah berakhir. Ditutup dengan malam perpisahan di Genting View Resort. Perpisahan yang akan mempertemukan dan mempererat kembali ukhuwah kami, merapatkan barisan di KEMNAS 2 InsyaAllah. Karena kami berazzam bahwa …
Kami generasi muda yang gigih
Bertekad kuat membangun negeri
Agar Indonesia membumbung tinggi
Harum semerbak seantero bumi
Pramuka SIT Indonesia
Dengan Islam kami terus melangkah
Pramuka SIT Indonesia
Dengan takwa kami meraih cita
Tangguh, tangkas, teguh di dalam jiwa
Pramuka SIT Indonesia

Tim Media
Pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad
http://pramukatbz.blogspot.com

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR