Sunday, 02 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

Dibalik Ujian Nasional dan Hikmah dari itu

husnisalma.blogspot.com. Dua bulan ini pasti udah gak asing lagi deh buat anak-anak sekolahan khususnya yang kelas 6 SD, 3 SMP, maupun 3 SMA *ya gak??* yeeppss bulan April dan Mei ini bisa dikatakan bulan Ujian Nasional untuk mereka atau bulan penentuan. Bukan hanya siswanya aja yang pusing-pusing tapi guru dan orangtuanya juga ikut merasakannya.

Persiapan, yaaa hal pertama yang harus dilakukan itu adalah persiapan. Tanpa sebuah persiapan suatu hal tidak bisa dilakukan dengan baik karena semua butuh perencanaan *betul gak??* Nahhhh makanya sebelum menyambut UN pasti semua pada berlomba-lomba bersiap-siap semaksimal mungkin. Persiapan yang matang juga mempengaruhi looo. Kalau udah deket dengan yang namanya UN pastinya siap gak siap harus SIAP dong!!!

Menurut sahabat UN itu menakutkan gak sih?? kan banyak tuh yang ketakutan dengan UN. Kalo menurut aku pribadi sih UN itu gak nakutin kok *menurut pengalaman pribadi hehe*. Nah saking baiknya jadi nakutin ya haha. Ettss tapi beneran kok UN itu baik banget asal kita mau bersahabat dengannya pasti mudah deh #Insyaallah. Gak percaya?? percaya aja deh yaa hehe coba aja gitu.

Eh tapi serius kok UN itu baik. Cara bersahabat dengan UN itu mudah aja, misalnya anggap UN itu sebagai sesuatu yang not menakutkan, anggap aja UN itu baik. Baik deh, coba aja tengok apa sih tujuan sebenarnya diadakannya UN? aku punya jawaban menurutku sendiri nih UN itu bertujuan mengetes apa-apa yang sudah kita pelajari selama bersekolah. Nah kalo selama bersekolah kita bersungguh-sungguh tentu saja gak ada masalah kan cuma mengulangi apa yang selama ini kita pelajari *enteng banget ya mikirku hehe*

Sengaja kok aku buat pemikiran yang mudah *sebenarnya buat mensugesti diriku sndiri biar gak takut juga gitu hehe* ya iyaaaa lah, coba saja bayangkan dan pikirkan bagaimana rasanya mengerjakan UN dengan perasaan takut?? pasti udah gak bisa konsen berpikir lagi kan. So, don’t worry and don’t affraid guys.

UN itu bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menggali, mengasah kemampuan, dan membuktikan tingkat ke-PeDe-an kita loo. Tau kan kenapa bapak/ibu guru menyuruh kita untuk tidak menyontek saat Ujian?? nah itu lah tujuannya agar kita semakin pede. Yakin pada kemampuan diri sendiri. Don’t nyontek!! Masa kita percaya pada orang lain tapi kita tidak percaya dengan diri kita sendiri?? ya gak?? kalo nyontek gitu, apa gunanya sih kita belajar mati-matian kalo akhirnya hanya mengandalkan teman kita?? disini lah melalui Ujian kita diajari untuk PeDe.

 Tak hanya itu, UN juga menguji perjuangan kita. Percaya gak percaya, percaya aja yaa hehe. Pertama yang kita lakukan udah pasti persiapan. Udah aku jelaskan sedikit kan diatas tadi soal persiapan. Nah sini aku tambahin hehe. Pesiapan yang maksimal juga menentukan kesuksesan dalam UN. Dimulai dari sini lah kita diajari untuk berjuang, berjuang melengkapi pengetahuan kita, berjuang untuk belajar dan berdoa, berjuang membagi waktu, dan lain-lain.

Kalo UN berhasil dengan baik kan jadi nilai plus dan kepuasan serta kebangaan buat diri sendiri kan *terutama* orang tua, guru juga. Berjuang dan berusaha memang tak selamanya membuahkan hasil yang manis diakhirnya. Petani buah saja yang bertahun-tahun menunggu durian berbuah butuh waktu 10 tahun loo. Dengan penuh sabar petani berusaha menjaga pohon durian itu dan merawatnya agar nanti setelah 10 tahun berbuah manis. Dan begitu juga dengan kita. Hasil memang tidak bisa disangka-sangka. Terkadang kita yakin dengan jawaban UN belum tentu benar juga kan.

Makanya dalam Islam, disebutkan bahwa Allah tidak melihat hasil dari seseorang melainkan prosesnya. Dari proses inilah kita banyak belajar nilai-nilai kehidupan dan persahabatan. Misalnya belajar bareng teman, saling bertanya, berbagai, saling menyemangati dan berjuang bersama-sama. Wooww.. itu adalah masa-masa yang tak terlupakan ya hehe *baru aku menyadarinya*

Banyak juga kan hikmah dari UN itu. So, untuk apa takut yang penting jalani saja semuanya dengan baik, yakin pada diri sendiri, rajin belajar dan berdoa. Ingat Ingat … Man Jadda Wa Jadda = siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil. Ganbareba Dekiru, berjuanglah pasti bisa!!

!!! Keep Smiling and Keep Spirit !!!
 SUKSES UJIAN NASIONAL 2012

satu kata

LULUS 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR