Sunday, 02 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

Peresmian & Pelantikan SAKO Pramuka SIT

Jakarta (25/11), Bertempat di Ruang Auditorium Utama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di jalan Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat, 13 orang Pimpinan Satuan Komunitas Nasional (PINSAKONAS) Pramuka SIT yang dikomandani Kak Sukro Muhab selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (MabiNas) Pramuka SIT menghadiri undangan Ka. Kwarnas DR. Dr. Azrul Azwar, M.Ph untuk dilantik sebagai Pimpinan SAKO Pramuka SIT Tingkat Nasional sekaligus meresmikan secara Nasional Satuan Komunitas Pramuka SIT.

Dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 002 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Komunitas Pramuka bahwa Satuan Komunitas sebagaimana tercantum dalam undang-Undang RI No.12 tahun 2010 merupakan organisasi pendukung Gerakan Pramuka. Sebagai pendukung, Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu saat ini telah menjadi SAKO terbesar dan terlengkap di Indonesia. Kak Dr. dr. Azrul Azwar, M.Ph, sesaat selesai menandatangai Surat Keputusan Kwartir Nasional tentang peresmian SAKO Pramuka SIT menyampaikan amanatnya bahwa Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka SIT diharapkan dapat terus menjadi mitra yang kuat bagi Kwartir Gerakan Pramuka dalam membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter. Dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu yang memiliki lebih dari 1000 gugus depan menjadi catatan tersendiri akan besarnya potensi seperti yang selalu disampaikan Ka. Kwarnas di berbagai kesempatan. Peresmian SAKO Pramuka SIT oleh Kwarnas, merupakan bukti nyata bahwa SAKO Pramuka SIT secara positif telah bekerja keras dengan gigih dan bersinergi secara utuh menggerakan roda SAKO nya di seluruh daerah untuk mengembangkan Gerakan Pramuka.


 
Peresmian SAKO Pramuka SIT bukanlah proses yang mudah. Banyak perangkat-perangkat dan prasyarat yang harus ditunaikan agar benar-benar menjadi SAKO seutuhnya, dan SAKO Pramuka SIT sudah melalui proses itu. Sejak bergabung dan melebur dengan Gerakan Pramuka tahun 2008 perjuangan agar Satuan Komunitas ini jadi resmi secara de facto dan de jure pun dimulai. Setelah 5 tahun perjalanannya, barulah pada hari Senin 25 Nopember 2013 (bertepatan dengan Hari Guru Nasional) menjadi salah satu catatan sejarah dengan diresmikannya SAKO Pramuka SIT oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kalau boleh disesuaikan dengan sejarah kelahiran Gerakan Pramuka maka dapat dikatakan bahwa ketika masih menjadi Pandu SIT sebelum tahun 2008 adalah merupakan HARI TUNAS. Tahun 2008 saat kegiatan Jambore Pandu SIT Nasional yang menjadi hari meleburnya Pandu SIT dengan Gerakan Pramuka dapat dikatakan HARI IKRAR, dan peresmian SAKO Pramuka SIT pada Senin, 25 Nopember 2013 bisa dikatakan sebagai HARI PRAMUKA SIT. Gimana ? Setuju โ€ฆ???


Yang menarik dari peresmian dan pelantikan tersebut adalah salah satu dari Pimpinan SAKO Nasional Pramuka SIT adalah Kakak Pembina Pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad yaitu Kak Adi (Syahruddin Setiadi). Semenjak diamanahkan melahirkan kegiatan kePramukaan di SMPIT TBZ tahun 2010, Kak Adi memang gigih mengembangkan kePramukaan dan aktif dalam kegiatan-kegiatan Pramuka SIT secara nasional. Walau kelahiran Pramuka di SMPIT TBZ tergolong baru namun keaktifannya dalam even Pramuka SIT di berbagai wilayah baik nasional maupun internasional mengantarkan Kak Adi direkomendasikan oleh teman-teman di PINSAKONAS pada MUNAS JSIT III di Palembang untuk memperkuat barisan tim Departemen Pramuka dan Pengembangan Kesiswaan JSIT Pusat. Maka jadilah Kak Adi menjadi salah satu pengurus pusat JSIT Indonesia dan PINSAKONAS Pramuka SIT.


Post Terkait

0 Komentar

KELUAR