Sunday, 02 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

Sensei Jepang Mampir ke SMPIT TBZ

SMPIT Thariq bin Ziyad- Sabtu, 30 April 2016. Extrakurikuler Bahasa Jepang yang dipandu oleh Reni sensei, mengundang Mirai Project dari Jakarta. Kedatangan Mirai Project yang dipimpin oleh Keiko sensei bertujuan untuk mengenalkan lagu anak anak dari Jepang dan berlatih berbicara Bahasa Jepang dengan orang jepang langsung. Pertama mereka memperkenalkan diri mereka dalam Bahasa Jepang, kami kurang mengerti jadi, Reni sensei menterjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia. Keiko sensei dan Sensei lainnya bisa sedikit berbahasa Indonesia. Lalu mereka mengajak kami untuk bernyayi lagu anak-anak yang berasal dari Jepang, yang diiringi oleh piano. Lagu yang kami nyanyikan antara lain berjudul ; Atama kata hiza pon lagu ini tentang bagian tubuh, Mirai lagu ini tentang masa depan, Shiawase nara ashi narasou atau yang lebih dikenal “jika kau senang hati tepuk tangan”, dan Doraemon no uta yang dikenal sebagai soundtrack film tentang robot yang berasal dari abad ke-22 yaitu, Doraemon. 


Sensei sedang menjelaskan peraturan dan cara bermainnya.
 Setelah bernyanyi, Keiko sensei dan Sensei lainnya mengajak kami bermain Furutsu basuketto. Cara bermainnya adalah pertama, Sensei membagikan kami ke-beberapa kelompok yang diberi nama dari buah buahan dalam Bahasa Jepang, lalu kami semua duduk dan membuat lingkaran besar dan ada satu orang yang dinamakan Gosuto dia yang berdiri di tengah tengah dan menyebutkan salah satu nama buah yang ada. Jika si-Gosutomenyebutkan Ichigo (Strawberry) maka kelompok Ichigo harus berpindah tempat duduk dari yang sebelumnya ke tempat yang lain. Namun jika si-Gosuto menyebutkan Furutsu basuketto kita semua harus pindah tempat duduk dari yang sebelumnya ke tempat yang lain. Jika ada yang tidak mendapatkan tempat duduk dia yang akan menjadi Gosuto. Kami sangat menikmati permainan ini, karna kami bisa menambah beberapa kosa kata baru dalam Bahasa Jepang.
Salah satu sensei juga ikut bermain dalam permainan ini


Sebelum para sensei berpamitan pulang, mereka mengadakan sesi tanya jawab bersama kami semua. Sayangnya, tidak banyak yang bertanya. Namun salah satu teman kita Dinda, dari 8A bertanya “Apakah sensei pernah ke disneyland?” dalam Bahasa Indonesia, yang kemudian diterjemahkan oleh Reni sensei ke dalam Bahasa Jepang. Lalu salah satu senseinya menjawab “Hai, ichido” yang artinya “Iya, pernah“. Setelah itu kami semua berfoto dengan para sensei dari Mirai Project. “Aku senang mereka bisa datang ke Thariq, karena dengan kedatangan mereka aku bisa lebih mengenal Jepang lewat lagu anak-anak dan permainan anak-anak disana ^ ^” ujar Huwaida 8C.

 (WAA)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR