Sunday, 02 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

17 Juz dalam 3 Tahun

Kisah inspiratif kali ini datang dari Kamila Rizky Tamara. Remaja 14 tahun 9 bulan asal Mustikajaya Kota Bekasi ini telah berhasil menghafalkan 30 juz Al-Qur’an selama mengenyam pendidikan di SIT Thariq Bin Ziyad.

“Al-Qur’an dapat memberi syafa’at kepada pemiliknya”, kata Mila panggilan sehari-harinya saat ditanya kenapa ia menghafal Al-Qur’an.

Remaja kelahiran Bekasi 8 Januari 2006 silam itu mengaku prestasinya tersebut tidak terlepas dari dukungan orang tuanya yang menginginkan dirinya untuk menjadi seorang hafizhah atau penghafal Al-Qur’an.

Mila mulai menghafal Al-Qur’an sejak duduk di bangku SDIT Thariq Bin Ziyad. Selama 6 tahun bersekolah di jenjang SD, Mila mampu menghafal dan lulus sertifikasi hafalan Al-Qur’an sebanyak 3 juz. Prestasi menghafal Al-Qur’annya melesat ketika menjadi siswa di SMPIT Thariq Bin Ziyad. Di jenjang SMP Mila berhasil menuntaskan 17 Juz hafalannya. Sebuah prestasi gemilang bagi anak seusianya yang bersekolah secara full day. Di jenjang SMA, Mila mengkhatamkan hafalannya genap 30 juz dengan menuntaskan 10 juz sisanya. Dan saat ini Mila masih tercatat sebagai siswa di SMAIT Thariq Bin Ziyad.

Mila yang bercita-cita masuk ITB ini mengaku memiliki waktu khusus untuk menghafal Al-Qur’an. Setiap usai shalat tahajud dan sholat wajib ia mulai mengulang dan menambah hafalan. Kemudian hafalannya ia setorkan kepada guru halaqah Qur’annya di sekolah sesuai jadwal. Aktivitas itu rutin dilakukan sembari sesekali muraja’ah diluar waktu khususnya.

Menurut Mila yang pernah meraih juara 1 lomba debat bahasa Inggris, kunci utama untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an yakni harus mempunyai niat yang ikhlas. Karena jika niatnya bukan karena Allah SWT maka pada prosesnya akan mengalami banyak kesulitan. Sebaliknya, jika didasari niat yang ikhlas InsyaAllah segalanya akan dimudahkan.

Siswa yang duduk di kelas IP (International Preperation) saat di SMPIT Thariq Bin Ziyad ini memberikan sedikit  trik untuk menghafal Al-Qur’an dan menjaga hafalan, yaitu dengan cara muraja’ah atau pengulangan hingga melekat dalam ingatan. Ditambah dengan membaca terjemahannya. Dan itu hanya bisa berhasil jika dilakukan dengan istiqomah.

“Alhamdulillah, lisan tak berhenti bersyukur atas nikmat dan ridha-Nya, Allah anugerahkan ananda Kamila Rizky Tamara mampu menghafal Al-Quran 30 juz dalam usia yang masih belia. Di umur tiga belas tahun dia khatamkan hafalan seluruh juz Al-Quran dengan gemilang. Selama menempuh pendidikan di SMPIT Thariq Bin Ziyad, nilai akademik Kamila Rizky Tamara diatas rata-rata pada hampir semua mata pelajaran. Hafalan Al-Qur’an yang gemilang mampu bersinergi dengan prestasi akademik di sekolah. Seperti janji Allah bahwa barang siapa yang mengejar akhirat, dia akan mendapat dunia dan akhirat sekaligus. Semoga  perjuangan, keistiqomahan ananda Kamila Rizky Tamara ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Aamin Ya Robbal Alamiin. Barokallahufiikum”, demikian tertera dalam status satu tahun yang lalu di akun Facebook ibu Dewi Nurbaeti Widianingsih sebagai wali kelasnya saat di SMPIT Thariq Bin Ziyad.

(adi)

KELUAR