Wednesday, 08 Dec 2021
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad

Webinar Bahasa Semarakkan Bulan Bahasa

Bekasi (11/10) – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa, SMPIT Thariq Bin Ziyad menggelar Festival Bahasa yang terangkai dalam beberapa kegiatan seperti Webinar Bahasa Indonesia, Thariq On Voice dan berbagai lomba. Lomba bahasa Indonesia  terdiri dari Musikalisasi Puisi, Cipta dan Baca Puisi, dan Bercerita. Lomba Bahasa Inggris yaitu Speech, Story Telling dan  News Anchor.

Festival Bahasa pada tahun ini bertemakan “Cinta Bahasa Luhurkan Citra Bangsa”.

Mengawali rangkaian Festival Bahasa adalah kegiatan Webinar Bahasa Indonesia  yang bertajuk “Menulis Itu Asyik”.  Kegiatan ini dilaksanakan hari Senin tanggal 11 Oktober 2021 jam 09.00 – 11.00 dan  dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas 7, 8 dan 9 SMPIT Thariq Bin Ziyad melalui media zoom meeting dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube SMPIT TBZ TV.

Webinar ini dipandu oleh siswa kelas 8A  yaitu Savia dan Mahardiyanti Putri serta dimoderatori oleh Ibu Eti Maryati, S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan tilawah oleh Dzulfaiq Ibrahimovic dari kelas 9G dan sambutan oleh kepala sekolah SMPIT Thariq Bin Ziyad yaitu H. Nur Kosim, Lc.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa tradisi menulis adalah tradisi keislaman.

“Menulis adalah cara kita untuk mengikat ilmu yang dimiliki. Ilmu itu tersimpan di dada. Ibaratnya ilmu itu adalah kuda liar dan diikat/dikekang dengan tulisan,” ujarnya.

“Lewat tulisan kita bisa belajar sejarah. Bagaimana kegemilangan dan kejayaan umat Islam di masa lalu bisa kita pelajari dari tulisan,” imbuhnya.

“Imam An Nawawi seorang ulama hebat adalah seorang penulis yang sudah melahirkan ratusan karya. Beliau tidur beralaskan buku-buku, “tambahnya.

Yang paling penting, pesan kepala sekolah adalah menulislah untuk menebarkan kebaikan.

Selanjutnya adalah acara inti yang diisi oleh seorang penulis ternama yaitu Ibu Dewi Sulistiowati,S.Si. atau biasa dikenal Ibu Dewi Liez yang telah melahirkan banyak karya berupa buku antologi dan buku solo. Salah satu karya beliau adalah Seri Petualangan Fatih.

Di acara ini, siswa sebagai peserta Webinar digali idenya dan distimulasi atau diberikan dorongan untuk praktik menulis dengan kegiatan yang interaktif sehingga tidak membosankan. 

Beberapa pertanyaan yang diajukan peserta menunjukkan antusiasme mereka dalam mengikuti acara ini. 

Untuk selengkapnya, silakan simak di kanal YouTube SMPIT TBZ TV.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR