Saturday, 29 Jan 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021

Bekasi (30/11) – SMPIT Thariq Bin Ziyad menggelar tes PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahap pertama untuk tahun ajaran 2022/2023. Tes ini merupakan rangkaian kegiatan pendaftaran PPDB yang dibuka sejak tanggal 1 November 2021. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 dan hari Ahad tanggal 28 November 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh 147 calon peserta didik kelas 6 SD yang berasal dari Bekasi dan sekitarnya. Ada juga yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah dan Bontang, Kalimantan Timur.  Dari 147 peserta, terdapat 49 peserta Program IP (International Preparation) dan 98 Program Reguler.  Peserta dari Semarang dan Bontang melakukan tes secara online di tempat masing-masing. Sementara peserta lain melakukan tes di SMPIT TBZ pada hari Sabtu pukul 07.30 sampai selesai.

Alur kedatangan peserta yaitu melakukan registrasi di lapangan, kemudian mengikuti pengarahan di mesjid. Pengarahan diberikan oleh Bapak Ade Yasin Fadilah, S.Pd.I. dan Ibu Lulu Yulistia, S.Mat. dan  dibuka dengan video suasana PTMT di sekolah. Setelah itu peserta  tur keliling untuk melihat fasilitas yang ada di sekolah. Seperti kantin, laboratorium IPA, lobi utama, UKS, ruang studio dan laboratorium komputer. Kemudian tes di ruang kelas yang terdapat di lantai dua dan lantai tiga.

Tes dilakukan secara online dengan perangkat yang sudah dipersiapkan  peserta dari rumah masing-masing. Peserta diberikan password WiFi yang terdapat di ruang kelas, kemudian masuk ke website dengan mengklik tautan tes ppdb yang diberikan di slide presentasi. Masuk dengan email id sekolah dan mulai mengerjakan tes di google form. Ada beberapa pelajaran yang diteskan, yaitu  IPA, Matematika dan Bahasa Inggris yang memilih program IP,  dan  IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia untuk yang memilih Program Reguler.

 

Setelah selesai, peserta Reguler bisa langsung pulang, sedangkan peserta IP mengikuti wawancara dengan native speaker. Wawancara dilakukan di lantai 2 yaitu di ruang rapat. Sementara peserta  putra menunggu di kelas 8A dan putri di kelas 8B.

 

Kemudian agenda wawancara orang tua calon peserta didik yang dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 28 November 2021 pada pukul 08.00 sampai selesai.  Kegiatan ini dilakukan  secara online  lewat media zoom  dan dihadiri oleh seluruh orang tua calon peserta  peserta didik tahun ajaran 2022/2023. 

 

Agenda ini dipandu oleh  Ibu Lulu Yulistia, S.Mat. yang dibuka sambutan dari Kepala Sekolah yaitu ustadz Nur Kosim, Lc. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa semoga silaturahim ini mengikat hati kita untuk membersamai siswa bergabung di SMPIT Thariq Bin Ziyad.

 

“Nama di lembaga sekolah kami bukan sekedar nama biasa, nama yang dipilih dan diberikan adalah nama yang luar biasa, didalamnya terdapat harapan, doa dan semangat yang tersemat. Berdasarkan sejarah, nama Thariq bin Ziyad adalah nama besar yang sangat dikenal sejarah. Beliau adalah seorang panglima besar Islam, penakluk Andalusia yang membawa  sinar kedamaian Islam di Spanyol. Pada awalnya seorang anak biasa yang lahir dari salah satu suku di Afrika. Pertemuannya dengan Islam menjadikan beliau pribadi yang mencurahkan hidupnya untuk kebaikan, ” ujarnya.

 

“Spiritualitasnya yang kokoh dan militansinya yang tinggi menjadikan motivasi bagi kami. Dua nilai inilah yang menjadi teladan  di SMPIT  Thariq Bin Ziyad. Kami punya hati dan jiwa yang penuh kasih sayang untuk membersamai anak didik  di SMPIT Thariq Bin Ziyad,” katanya.

 

“Kencangnya arus digitalisasi dan teknologi mengharuskan institusi pendidikan menyesuaikan diri dengan zamannya. Dunia pendidikan juga bertransformasi dan berkembang. Dan wujud dari perkembangan itu adalah terbentuknya kelas pembelajaran digital (Digital Classroom)  di SMPIT Thariq Bin Ziyad pada tahun ajaran baru,” lanjutnya.

 

“Kelas digital mengelaborasikan kemampuan guru dan murid dalam konsep pembelajaran berbasiskan teknologi dan informasi, sehingga siswa dengan cepat menyerap informasi pembelajaran yang update dari berbagai referensi. LPIT Thariq Bin Ziyad sebagai sekolah unggulan di Kota dan Kabupaten Bekasi sangat concern terhadap tantangan ini dengan berbagai penyesuaian dan program-program terobosan khususnya dalam implementasi Digital Classroom, ” tambahnya. 

 

Agenda selanjutnya adalah welcome speech dari native speaker yaitu Mr. Ahmad Ali. Beliau mengatakan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional dan dipakai di hampir seluruh dunia. Selanjutnya sambutan dan pengarahan ini ditutup dengan doa dari Ustadz Munawar, Lc. 

 

Selanjutnya adalah wawancara orang tua calon peserta didik yang dimasukkan ke dalam breakout room lewat media zoom. Masing-masing orang tua akan diwawancara satu persatu secara online oleh pihak sekolah. 

 

Hasil tes dan wawancara akan diberikan pada tanggal 6 Desember 2021 via japri whatsup ke nomer orang tua masing-masing. 

 

 

 

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR