Thursday, 06 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

KEPUTRIAN PERDANA

Bekasi (27/1) – SMPIT Thariq Bin Ziyad menggelar Keputrian Perdana pada hari Kamis tanggal 27 Januari 2022 pukul 13.00 – 14.00. Keputrian ini adalah yang pertama dalam semester ini. Acara diadakan secara online lewat zoom meeting dan dihadiri sekitar dua ratus siswi seluruh level dan para ibu guru.

Acara dipandu oleh Koordinator Pembinaan yaitu Ibu Iin Safitri, S.Pd. dengan membahas apa saja yang akan diberikan pada acara ini.  Dimulai dengan sambutan dari Wakil Kesiswaan tentang majelis ilmu yang dihadiri oleh para malaikat.

Acara diisi oleh Ibu Anggi Muktiningrum, S.Pd., salah satu guru di SMPIT Thariq Bin Ziyad tentang Adab Belajar. Beliau mengatakan bahwa belajar adalah proses transformasi diri menuju peningkatan kapasitas intelektual, keluhuran moral, kedalaman spiritual, kecerdasan sosial, dan perubahan sosial menuju khoiru ummah (umat terbaik).

“Dasar perintah belajar ada dalam Surat Al Alaq ayat 1-5 dan Hadis Riyawat Muslim Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim 2699),” ujarnya.

” Adab belajar,  pertama niat karena Allah, kedua bersuci. Rahasia Bersuci menurut Al Imam Abu Hamid Al Ghazali, yaitu menyucikan jasmani dari segala hadas, noda, dan kotoran. Menyucikan anggota badan dari perbuatan jahat dan dosa, menyucikan kalbu dari sifat-sifat tercela dan kehinaan yang dibenci, menyucikan sirr (rahasia hati) dari segala sesuatu selain Allah,” katanya.

Beliau juga mengatakan bahwa ilmu itu adalah cahaya. Kisah Imam Syafii rahimahullah adalah aku pernah mengadukan kepada Waqi’ mengenai jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.

“Adab yang baik dalam belajar adalah rajin, tekun, bersungguh-sungguh, rendah hati, kesabaran,  dan mengamalkan ilmu yang didapatkan. Siapa yang bertambah ilmunya, tetapi tidak bertambah petunjuknya (amalnya tidak semakin baik), maka ia hanya akan semakin jauh dari Allah dari hadis riwayat Ad Darimi, ” tambahnya.

“Salah satu adab belajar juga adalah menghormati guru dan ulama. Diriwayatkan dalam Kitab Ibnu As-Sunni dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda jangan jalan di depannya (guru), jangan membantahnya, jangan duduk sebelum ia (guru) duduk, jangan memanggilnya cuma dengan namanya saja, ” imbuhnya lagi.

Semoga seluruh siswi SMPIT Thariq Bin Ziyad bisa menerapkan ilmu yang didapat dari acara ini dan Allah meridhoi mereka dengan memberikan cahaya ilmu-Nya.

Eli Amalia – tim media SMPIT Thariq bin Ziyad.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR