Thursday, 06 Oct 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

Ta’lim Orang Tua (TOT) SMPIT Thariq Bin Ziyad Bersama Ustadzah Siti Muntamah, S.A.P

SMPIT Thariq Bin Ziyad mengadakan program Ta’lim Orang Tua (TOT) bagi ayah bunda orangtua peserta didiknya pada hari Sabtu (26/02/2022). Agenda ini adalah kerjasama antara pihak sekolah dengan POMG SMPIT Thariq Bin Ziyad. Program TOT kali ini mengangkat tema ” Meniti Kesuksesan Bersama Al-Qur’an” dengan pembicara yaitu Ustadzah Siti Muntamah, S.A.P (Istri Alm Oded M Danial, Walikota Bandung)

Agenda Ta’lim Orang Tua (TOT) ini dipandu oleh Ibu Sri Kurnianingsih sebagai Pembawa Acara sekaligus moderator. Setelah acara dibuka, dilanjutkan oleh pembacaan ayat Al-Qur’an Surat Ath-Thur (1-28) oleh siswi SMPIT TBZ yaitu Ghina Izzana Azzahra. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Ibu Annisa Sholehati, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang senantiasa membersamai putra-putrinya dalam pembelajaran dan juga mendukung jalannya program sekolah.

Pada acara inti, pembicara Ustadzah Siti Muntamah menyampaikan bahwa jika seorang muslim ingin sukses bersama Al-Qur’an maka ada tiga point yang harus menjadi perhatiannya, yaitu :

  1. Memahami Al-Qur’an
  2. Mengetahui kedudukan Al-Qur’an
  3. Memahami Fungsi dan Faedah Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah firman Allah yang diturunkan dari Lauhul Mahfudz yaitu tempat yang mulia, kemudian diturunkan melalui malaikat Jibril yaitu Malaikat yang mulia, Untuk Nabi Muhammmad SAW yaitu manusia yang mulia, pada waktu malam yang mulia serta muslim yang membaca dan mendengarnya juga mulia.

Kedudukan Al-Qur’an bagi seorang muslim yaitu sebagai rujukan dalam kehidupannya, sebagai Furqon (pembeda), dan sebagai Busyro (kabar gembira).

” Untuk menjadi keluarga yang sukses bersama al-qur’an hendaknya orangtua merencanakannya sejak awal dengan membuat visi dan misi keluarga”, ujar Ustzh Siti Muntamah. ” Orang tua hendaknya tidak bosan-bosan menuntun anggota keluarganya agar dekat dengan Al-Qur’an tentunya dengan memberikan keteladanan, bukan banyak menuntut” tambahnya.

Baca juga : โ€œCintailah anakmu supaya anak juga mencintai kita lebih dari siapapunโ€, Seminar Parenting TKIT Thariq Bin Ziyad, Ust Haikal Hasan

Dalam penjelasannya Ustadzah Siti Muntamah juga memberikan Tips dan Trik agar anak-anak dekat dengan al-qur’an. Salah satu cara yang beliau terapkan yaitu dengan memberikan reward ketika anak menyelesaikan hafalan 1 juz. Dengan cara beliau dalam mendidik putrinya, alhamdulillah saat ini ketujuh putrinya menjadi Hafidz Qur’an.

Acara TOT ini berlangsung dengan hangat dan interaktif. Para orangtua juga antusias bertanya kiat mendidik anak agar dekat dengan al-qur’an.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat membuka wawasan sekaligus menambah ilmu bagi orangtua dalam mendidik putra-putrinya agar sukses bersama Al-Qur’an sehingga menjadi generasi soleh dan cerdas. (fr)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR