Tuesday, 28 Jun 2022
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
TUTUP MENU

Rihlah Kebersamaan Guru dan Karyawan

Dalam rangka mempererat tali  ukhuwah antar guru dan karyawan,  SMPIT Thariq Bin Ziyad mengadakan rihlah pada hari Sabtu dan Ahad tanggal 19 – 20 Maret 2022 di Vila Sakinah Gunung Geulis, Bogor. Agenda diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMPIT Thariq Bin Ziyad selama dua hari.

Pada hari pertama, semua berkumpul di sekolah pada pukul 07.00 dengan satu bus sekolah untuk ibu guru dan satu bus untuk bapak guru dan karyawan.  Kami menikmati perjalanan selama dua jam. Sampai di vila pukul 10.00 pagi dan langsung menikmati area vila  dengan landscape yang menyejukkan mata.

Sambil menunggu pukul 14.00, tim acara memberikan  permainan yang seru bagi peserta rihlah. Salah satu yang dimainkan adalah lempar bola pingpong ke meja harus memantul dan jika masuk ke salah satu gelas maka peserta mendapatkan uang seperti yang tertera di gelas. Kemudian game menebak nama surat dalam Alquran atau menebak nama negara dengan huruf awal yang ditentukan tim acara.

Permainan selanjutnya peserta mengambil snack atau camilan. Bungkusan camilan yang berwarna sama menjadi penentu para peserta dalam satu kelompok dan teman sekamar. Ketika semua berkumpul dengan bungkus camilan yang berwarna sama, setiap kelompok mengumumkan uang yang dihasilkan dari permainan pertama. Kelompok dengan raihan uang terendah mendapatkan kesempatan pertama untuk memilih kamar. Tentu saja hal ini menyenangkan bagi peserta yang mendapatkan capaian terkecil.

Agenda selanjutnya semua peserta mulai masuk kamar dan beristirahat sambil menunggu waktu asar.  Pelaksanaan salat di lapangan rumput yang terdapat di depan vila. Setelah salat magrib berjamaah yang diimami oleh salah satu guru, dilakukan pembacaan Zikir Al Masurat sore yang dipimpin oleh Uztaz Miftahul Hidayat.

Malam setelah Isya, semua peserta kembali berkumpul untuk barbeque. Setiap kelompok mendapatkan alat bakar dan bahan yang dibakar seperti ayam dan ikan. Dilanjutkan dengan seluruh peserta memakan yang sudah dibakar tadi. Sungguh momen ini sangat seru dan menyenangkan, melihat antusias guru dan karyawan mengibaskan  api agar tetap menyala sehingga ayam dan ikan bisa matang sempurna.

Pada dini hari tepatnya pada pukul 03.30, peserta melaksanakan tahajud berjamaah yang diimami oleh Ustaz Munawar. Pelaksanaan salat malam juga dilakukan di lapangan rumput depan vila yang berselimutkan cahaya malam dan ditemani bintang-bintang. Dilanjutkan salat subuh  berjamaah yang diimami oleh Uztaz Yanyan Kusyana. Kultum subuh dilakukan oleh Ustaz Munawar, Lc. yang memberikan tausiyah mengenai  orientasi akhirat dan Ramadan.

“Ibnu Qoyim mengatakan jika kita berorientasi akhirat, maka segala sesuatu yang terjadi, sekecil apapun akan kita  hubungkan dengan akhirat. Apalagi ini malam ini yang bermandikan cahaya malam purnama. Begitu indah dan nikmatnya. Alam yang begitu luas. Masya Allah, karunia Allah yang begitu besar,” ujarnya.

“Kita harus bersyukur dan bertafakur atas karunia-Nya. Jika kita meminta dan berdoa, mintalah agar kita masuk surga tertinggi. Berdoa juga untuk kedua orang tua, “lanjutnya.

“Sambut Ramadan dengan hati. Bersihkan hati kita dengan taubat, periksa hati kita masing-masing. Rugi jika melewati Ramadan tanpa diampuni dosa kita, “tambahnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan dan sekaligus penutupan oleh kepala sekolah.

Acara selanjutnya adalah permainan lingkaran besar. Setiap peserta menyebutkan kelipatan angka yang ditentukan oleh tim acara. Diakhiri dengan permainan Gegana, empat orang finalis harus memasukkan bola ke dalam ember. Baik tim bapak guru dan ibu guru berhasil mendapatkan hadiah final ini.

Sungguh permainan yang makin mengakrabkan antar peserta satu sama lain.

Agenda rihlah pun berakhir dengan pemberian hadiah bagi para pemenang. Setelah makan siang, semua bersiap pulang kembali ke Bekasi.

Eli Amalia – tim media SMPIT TBZ.

KELUAR