Menu
School Info
Wednesday, 24 Jul 2024
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad

52 Peserta Didik SMPIT TBZ Lulus Sertifikasi Al-Qur’an, Barakallahu Fiikum.

Publish : Monday, 11 September 2023 - Category : Uncategorized

Bekasi (11/09/2023)- Divisi Al-Qur’an LPIT TBZ mengadakan sertifikasi Al-Qur’an untuk tahun pelajaran 2023-2024 pada tanggal 19 Agustus 2023 dan 2 September 2023. Sertifikasi Al-Qur’an kali ini berlangsung di unit SMPIT TBZ. Alhamdulillah dalam dua hari penyelenggaraan Sertifikasi Al-Qur’an di SMPIT TBZ, sebanyak 52 peserta didik dinyatakan lulus.

Peserta didik SMPIT TBZ yang dinyatakan lulus sertifikasi Al-Qur’an, berhasil menuntaskan hafalan dari berbagai Juz. Ada yang berhasil lulus Juz 30, juz 29, Juz 1, bahkan ada peserta didik yang lulus menghafal 3 juz Al-Qur’an sekaligus dalam dua hari yaitu atas nama Syafi’i Aulia Rahman (Kelas 8E). Dalam dua hari pengujian, ananda mampu menyelesaikan hafalan juz 5, juz 6, dan juz 7.

Sertifikasi Al-Qur’an merupakan standar baku dalam menguji hafalan Al-Qur’an yang dimiliki civitas akademik SIT TBZ. Tidak hanya berlaku bagi peserta didik, program ini juga berlaku bagi Guru dan karyawan.

SIT TBZ memang menjadikan Al-Qur’an sebagai salah satu fokus dalam kegiatan belajar mengajarnya disamping akhlak, akademik, dan bahasa. Dalam pembelajaran reguler, hampir setiap hari peserta didik mendapatkan pembelajaran Al-Qur’an baik Tahsin maupun Tahfidz. Dalam pembelajaran Al-Qur’an, peserta didik di bentuk dalam kelompok-kelompok kecil dengan di bimbing oleh seorang guru Al-Qur’an. Setiap hari, peserta didik bergiliran dalam menyetorkan hafalannya dan disimak oleh guru.

Divisi Al-Qur’an LPIT TBZ telah menetapkan kriteria kelulusan sertifikasi Al-Qur’an bagi peserta didik mulai dari nilai minimum yang harus dicapai (KKM) hingga sistem sertifikasi. Sistem sertifikasi Al-Qur’an yang diterapkan bagi peserta didik yaitu dengan menjawab 5 soal dari juz yang dihafal yang diajukan oleh tim penguji. Nantinya tim penguji akan meminta peserta didik untuk melanjutkan ayat di setiap soal yang diberikan. Dari 5 soal ini, peserta didik harus memperoleh nilai KKM 350 dari 500. Jika peserta didik mendapatkan nilai dibawah KKM tersebut maka dinyatakan tidak lulus.

Barakallah bagi ananda yang telah lulus Sertifikasi Al-Qur’an. Mudah-mudahan hafalan yang ananda miliki dapat terus dijaga dan diamalkan dalam keseharian sehingga ananda menjadi pribadi muslim yang sholeh dan cerdas. (fr)

This article have

0 Comment

Leave a Comment