Menu
School Info
Wednesday, 24 Jul 2024
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad
  • Selamat Datang di website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Kembangkan Karakter Religius Siswa Menuju Pribadi yang Sholeh dan Cerdas

Publish : Sunday, 9 October 2022 - Category : Uncategorized

SMPIT Thariq Bin Ziyad menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid sekolah pada Selasa, 04 Oktober 2022 dalam agenda BPI Gabungan Putra dan Jumat, 07 Oktober 2022 dalam agenda BPI Gabungan Putri. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, 9 serta para guru dan pembina  BPI (Bina Pribadi Islami).

 

Acara yang bertajuk Nabi Muhammad Idolaku ini dibagi dua sesi dengan dua narasumber yang berbeda yaitu Ustadz Ade Yasin Fadillah, S.Pd.I dari SMAIT Thariq Bin Ziyad dan Ustadzah Nur Siti Fatimah, S.Pd. dari SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya.

 

Kedua narasumber mengatakan bahwa idola atau teladan bagi kita adalah Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Ahzab ayat 21 yaitu :

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

 

“Ada empat sifat  Nabi Muhammad SAW yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu Siddik (Jujur), Amanah (Dapat Dipercaya), Tabliq (Menyiarkan) dan Fathonah (Cerdas), “ujar narasumber. 

“Bahkan banyak tokoh penulis dunia yang juga mengakui keunggulan Nabi Muhammad yaitu Michael Heart dalam bukunya Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh di Dunia, “Dialah orang yang paling berpengaruh sepanjang sejarah kehidupan manusia melebihi Newton dan Yesus,” lanjutnya. 

 

Jika kita mencari idola lain selain Rasulullah SAW maka terdapat hadis Nabi dari Anas radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam: “Kapankah hari kiamat terjadi wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Apa yang telah kau persiapkan menghadapinya?” Laki-laki itu menjawab, “Aku belum mempersiapkan menghadapinya dengan banyak shalat, puasa ataupun sedekah. Namun aku mencintai Allah dan Rasul-Nya.” Beliau bersabda: “Kamu akan bersama dengan yang kamu cintai.” Anas berkata: “Aku mencintai Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam, Abu Bakar dan Umar serta aku berharap beserta mereka dengan cintaku pada mereka meskipun aku aku tidak dapat beramal seperti mereka.”

 

Wallahu a’lam bishawab. Semoga para siswa bisa meneladani dan mengamalkan Sunnah Nabi sehingga menjadi pribadi yang makin berkarakter dan religius yaitu pribadi yang sholeh dan cerdas. Aamiin ya Allah.

This article have

0 Comment

Leave a Comment